cover
Contact Name
Yunita Nur Afifah
Contact Email
mechonversio@umaha.ac.id
Phone
+6231-7884034
Journal Mail Official
mechonversio@umaha.ac.id
Editorial Address
Publisher: LPPM Universitas Maarif Hasyim Latif Jl. Ngelom Megare, Taman, Sidoarjo 61257 031-7884034, Fax. 031-7884034
Location
Kab. sidoarjo,
Jawa timur
INDONESIA
Mechonversio: Mechanical Engineering Journal
ISSN : 26228262     EISSN : 26226170     DOI : -
The focus and scope of MMEJ: including control system, robotic system, manufacturing apparatus, CNC machine, sensors, actuators, kinematics, and mechanical dynamics
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2023): JUNI 2023" : 6 Documents clear
PENGARUH HCS TERHADAP KONSUMSI, EMISI DAN PERFORMASI BAHAN BAKAR PERTALITE PADA KENDARAAN fajar rahman; Dani Hari Tunggal Prasetiyo; Djoko Wahyudi
Mechonversio: Mechanical Engineering Journal Vol 6, No 1 (2023): JUNI 2023
Publisher : Univervitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/mmej.v6i1.13126

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin maju menyebabkan penggunaan dan tingkat konsumsi energi menjadi meningkat. HCS (Hydrocarbon Cracking System) merupakan sebuah alat untuk meningkatkan kinerja terhadap kendaraan bermotor, dengan menggunakan pipa katalis yang digunakan sebagai alat untuk mempercepat proses pembakaran bahan bakar didalam ruang bakar. Yaitu dengan memanfaatkan kandungan hidrokarbon dalam bahan bakar (pertalite). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penambahan HCS dapat memberikan pengaruh pada kendaraan. Pada konsumsi dengan penambahan Hydrocarbon Cracking System menghasilkan konsumsi bahan bakar tertinggi sebesar 16 ml ml/menit pada putaran mesin 7.000 rpm. Pada kadar emisi gas buang kendaraan bermotor dengan penambahan Hydrocarbon Cracking System  berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan maka didapatkan hasil pengujian  emisi gas buang CO 0,57%, HC 221 ppm, CO2 12,8% dan O2 7,15%. Pada performasi dengan penambahan Hydrocarbon Cracking System berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan maka didapatkan hasil pengujian HP horse power dengan tertinggi sebesar 14,08 pada putaran mesin 8.000 rpm dan untuk torsi terbaca 9.84 pada putaran mesin 7.500 rpm
OPTIMALISASI JUMLAH KARYAWAN MAINTENANCE DENGAN MENGGUNAKAN ANALISA BEBAN KERJA Subagyo Subagyo
Mechonversio: Mechanical Engineering Journal Vol 6, No 1 (2023): JUNI 2023
Publisher : Univervitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/mmej.v6i1.14320

Abstract

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (Depdikbud: 1995:628) optimalisasi berasal dari kata optimal yang berarti terbaik, sedangkan optimalisasi jumlah pegawai adalah memaksimalkan jumlah pegawai untuk melakukan pekerjaan yang mempunyai nilai tambah dan manfaat bagi perusahaan. Penting untuk menghindari kerja berlebihan, yang hanya membuang-buang tenaga dan uang. Penelitian ini menggunakan metode Work sheet Analiyis dengan membagi pekerjaan menjadi tiga kelompok yaitu NV (Non Value Added) Tidak ada nilai tambah adalah pekerjaan yang tidak mempunyai nilai tambah dalam organisasi, merugikan perusahaan dan harus dikurangi), V (volue added/nilai tambah, pekerjaan yang sudah ada dan mempunyai nilai tambah yang harus ditingkatkan) dan bersifat normatif. Langkah-langkah yang dilakukan adalah mendefinisikan, mengukur, menganalisis, memperbaiki, dan mengendalikan serta diterapkan dengan cara tertentu. Hapus, Gabungkan, Susun Ulang, dan Sederhanakan. Hilangkan pekerjaan-pekerjaan yang tidak mempunyai nilai tambah, gabumgkan  pekerjaan-pekerjaan yang netral, dan menggabungkan beberapa pekerjaan menjadi satu pekerjaan. Pencapaian tersebut sebesar 108% pada Desember 2014 dan 111% pada Desember 2015 dibandingkan target. Jumlah pegawai dengan jumlah pengurangan pegawai pada bulan Desember 2013 sebesar 27% dan pada bulan Desember 2015 sebesar 39%.
PENGARUH EFEK TREATMENT KALOR ALKOHOL TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR, EMISI GAS BUANG DAN PERFORMA PADA SEPEDA MOTOR CBR 150R lailul ilham; Djoko Wahyudi; dani Hari Tunggal Prasetiyo
Mechonversio: Mechanical Engineering Journal Vol 6, No 1 (2023): JUNI 2023
Publisher : Univervitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/mmej.v6i1.13129

Abstract

meningkatnya produktivitas Indonesia, angka kebutuhan transportasi untuk mobilisasi masyarakat juga meningkat. Kendaraan yang sekarang berkembang di masyarakat adalah jenis sepeda motor. Namun kendaraan bermotor saat ini masih mengandalkan bahan bakar minyak (BBM). Salah satu opsi yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan modifikasi pada kendaraan. Yaitu dengan cara penambahan steam etanol pada kendaraan , dengan diadakan modifikasi penambahan steam etanol diharapkan dapat mengatasi permasalahan pada kendaraan terhadap konsumsi bahan bakar, emisi gas buang, serta memeberikan kenaikan performa, metode penelitian ini  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Penulis menguji penambahan steam etanol pada bahan bakar pertalite. Adapun penambahan steam etanol  terhadap uji konsumsi bahan bakar, emisi gas buang dan performa (daya efektif, torsi).Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penambahan steam etanol dapat memberikan pengaruh pada kendaraan. Pada konsumsi dengan penambahan steam etannol menghasilkan konsumsi bahan bakar tertinggi sebesar 19 ml ml/menit pada putaran mesin 7.000 rpm. Pada kadar emisi gas buang kendaraan bermotor dengan penambahan steam alkohol berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan maka didapatkan hasil pengujian  emisi gas buang CO 1,33%, HC  192 ppm, CO2 12,6% dan O2 7,12%. Pada performasi dengan penambahan steam etanol berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan maka didapatkan hasil pengujian HP horse power dengan tertinggi sebesar 14,59 pada putaran mesin 7.750 rpm dan untuk torsi terbaca 10.14 pada putaran mesin 7.500 rpm. 
PENGARUH BAHAN BLADE TERHADAP OUTPUT TURBIN JENIS SAVONIUS Arif Setyo Nugroho; Yulan Sadewa P; Muhammad Miftah Farid; Ardyansah Putra Sanjaya; Arif Hidayat Purwono; Musabbikhah Musabbikhah
Mechonversio: Mechanical Engineering Journal Vol 6, No 1 (2023): JUNI 2023
Publisher : Univervitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/mmej.v6i1.14108

Abstract

Energi terbarukan yang berasal dari angin yang dikonversi menjadi energi listrik dengan bantuan turbin angin adalah sebuah teknologi yang dikembangkan saat ini. Mengingat semakin menipisnya sumber energi dari fosil dan meningkatnya polusi udara, angin menjadi pilihan sebagai sumber energi untuk menghasilkan energi listrik. Indonesia memiliki kecepatan angin yang kecil maka dalam penelitian ini dipilih turbin jenis savonius, salah satu kelebihan turbin savonius adalah mampu menghasilkan output listrik untuk kecepatan angin kecil. Turbin angin savonius adalah diantaranya jenis turbin yang dapat digunakan pada kecepatan 5m/s. Jumlah sudu yang digunakan turbin yaitu tiga sudu. Turbin savonius dengan tiga sudu memiliki peforma yang lebih baik dalam menghasilkan kecepatan putaran rpm. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui putaran turbin dan tegangan yang dihasilkan dari bahan yang digunakan antara lain alumunium, triplek, dan akrilik. hasil pengujian didapat data bahan blade alumunium menghasilkan putaran yang lebih stabil dari bahan lainnya. Dengan menggunakan kecepatan angin 5 m/s, bahan alumunium menghasilkan putaran 112 rpm, akrilik menghasilkan putaran 104 rpm dan triplek dapat menghasilkan putaran 99 rpm. Dengan menggunakan bahan alumunium dapat menghasilkan tegangan yang paling tinggi sebesar 11,5 Volt jumlah blade 2 buah. Blade dengan bahan triplek tegangan paling tinggi 9.3 Volt jumlah blade 2 buah, bahan blade dari akrilik menghasilkan tegangan sebesar 10,1 volt jumlah blade 2.
KOMPRESI DATA SENSOR MENGGUNAKAN OPTIMALISASI PARAMETER DCT UNTUK SISTEM MONITORING IKLIM Dimas Aditya Putra Wardhana; Mamat Septyan; Karisma Trinanda Putra; Syahri Muharom
Mechonversio: Mechanical Engineering Journal Vol 6, No 1 (2023): JUNI 2023
Publisher : Univervitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/mmej.v6i1.14273

Abstract

Teknik kompresi telah banyak digunakan dalam distribusi media digital untuk penghematan ruang penyimpanan. Terdapat dua jenis teknik kompresi, yaitu lossy dan lossless. Keuntungan dari kompresi lossy terletak pada penggunaan ruang penyimpanan yang lebih kecil dengan mempertahankan data yang penting. Kompresi lossy memiliki potensi untuk diimplementasikan kedalam suatu sistem dengan perangkat sensor yang banyak melalui eksplorasi teknik DCT. Kami juga melakukan percobaan untuk menentukan parameter DCT terbaik agar data yang direkonstruksi tidak jauh berbeda dari data asli dengan menjaga rasio penghematan data. Tujuan utamanya yaitu untuk mengurangi penambahan kapasitas penyimpanan di pusat data terkait dengan sistem pemantauan iklim. Kami menggunakan kumpulan data terbuka, yang terdiri dari enam sensor berbeda yang mewakili urutan data nyata berdasarkan pengukuran di lapangan. Hasil percobaan menunjukkan bahwa konsentrasi energi mempengaruhi kualitas data yang direkonstruksi. Rasio penghematan data terbaik diperoleh dengan menggunakan variasi ambang konsentrasi energi antara 0.9 hingga 0.99, tergantung pada jenis data sensor yang menghasilkan tingkat kesalahan di bawah 5%.
PENGARUH HHO TERHADAP PERFORMASI, EMISI DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR PERTALITE PADA KENDARAAN Wahid Hamdani; Dani Hari Tunggal Prasetiyo; Djoko Wahyudi; Lukman Hakim
Mechonversio: Mechanical Engineering Journal Vol 6, No 1 (2023): JUNI 2023
Publisher : Univervitas Maarif Hasyim Latif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51804/mmej.v6i1.13544

Abstract

Perkembangan energi alternatif di zaman modern saat ini sangat menarik mengingat energi di alam yang diperoleh dari proses penambangan yang jumlahnya semakin terbatas. Jika terus dibiarkan maka dapat menimbulkan krisis dan kelangkaan energi di masa mendatang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Pengujian dilakukan dengan penambahan HHO pada bahan bakar pertalite, terhadap uji konsumsi, emisi gas buang dan performa pada kendaran bermotor dengan variasi putaran 1000 sampai 7000 rpm. Hasil dari penelitian uji performa didapatkan hasil analisa data daya dengan peak performance memperoleh hasil 8,92 Nm pada rpm 8.500, pengujian daya dengan penambahan HHO memperoleh peak performance hasil 14,27. Untuk pengujian konsumsi bahan bakar pertalite dengan penambahan HHO mendapatkan angkah konsumsi 17 ml, sedangkan pengujian konsumsi pertalite tanpa HHO mendapatkan angkah konsumsi 33 ml pada 7.000 rpm. Untuk pengujian emisi gas buang menggunakan bahan bakar pertalite dengan penambahan HHO mendapatkan nilai CO 2,74%, HC 41 ppm, CO2 13,35% dan O2 0,39%, sedangkan tanpa HHO mendapatkan nilai CO 1,58%, HC 91 ppm, CO2 12,2% dan O2 3,71%,

Page 1 of 1 | Total Record : 6